Membuat Matematika Jadi Gampang

– Matematika, yach pelajaran yang mematikan?? Tidak juga, yang penting kita mengetahui cara membuat matematika jadi gampang. Nah topik ini akan coba diulas secara sederhana disini.

Dari zaman batu sampai zaman Internet, matematika kayaknya menjadi momok yang serius bagi sebagian besar siswa (termasuk saya sewaktu jadi siswa dahulu kala), olehnya itu guru matematika harus pandai-pandai mencari terobosan-terobosan untuk membuat gampang pelajaran matematika yang katanya mematikan, oh yach ada juga fenomena seputar matematika ini, sudah terpatri di kalangan siswa, bahwa guru matematika itu selamanya killer, judes dan suka mencubit. Nah saatnya sekarang sebagai guru matematika, mestinya guru tersebut kreatif, cool, fungky dan agak metal, supaya ddisukai siswanya. Berawal dari rasa sukanya siswa kepada gurunya inilah  maka akan menular ke siswa menyukai pelajaran yang dibawakan oleh gurunya yang metal-metal dikit, karena  Siswa yang menyukai pelajaran matematika mampu memperoleh hasil yang baik pada standar kompetensi yang telah ditentukan.  Oleh karena itu perlu bagi seorang guru untuk melakukan segala sesuatu untuk menolong siswa agar merasa senang dengan pelajaran matematika.
Ketika membuat perencanaan untuk pelajaran matematika, perlu mewujudkannya dengan kreatif, membentuk pelajaran matematika interaktif yang melibatkan para siswa dalam proses pembelajaran.  Jika memungkinkan, rencanakan aktifitas yang akan menjadikan siswa-siswa berdiri dan bergerak di dalam atau di sekitar kelas.  Beberapa tips untuk perencanaan pembelajaran matematika yang fungky, cool dan metal dikit adalah sebagai berikut:
  • Rencanakan games-games matematika jika memungkinkan
  • Rencanakan kerja kelompok yang memberikan kesempatan bagi yang siswa-siswa yang maju membantu siswa-siswa yang lambat belajarnya.
  • Fokuskan pada satu kemampuan matematika guna menjamin kedalaman pembelajarannya
  • Antisipasi perlunya menyediakan bantuan tambahan untuk siswa-siswa yang memiliki kesulitan belajar
  • Rencanakan kegiatan tambahan untuk menjamin bahwa siswa-siswa berkemampuan maju memperoleh sesuatu yang menarik untuk dilakukan

Itulah sedikit ulasan Membuat Matematika Jadi Gampang, semoga artikel yang amat sederhana ini, dapat memberikan manfaat bagi kita semua. [ ]